7 Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Baru Lahir

Klikcara.com - Pilek dan batuk dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali bayi yang baru saja lahir. Apalagi jika ibu sang bayi mengalami hal yang sama, itu dapat menjadi pemicu utama bayi tertular pilek. Namun, hal tersebut wajar terjadi, karena bayi yang baru saja lahir belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat dalam menolak bakteri penyakit.Anda pun tidak perlu khawatir dalam menangani pilek pada bayi baru lahir tersebut. Maka Ketahui beberapa tips untuk mengatasi pilek pada bayi yang paling alami tanpa harus menghubungi dokter.

  Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Baru Lahir  

Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Baru Lahir

Berikut Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Baru Lahir


1. Pemberian asi

Bayi yang senantiasa diberikan asi akan memiliki kandungan yang dapat menetralisir virus dan bakteri yang masuk pada tubuh bayi. Namun, pemberian asi sebaiknya dilakukan secara langsung, hal tersebut bermanfaat untuk memperkecil kemungkinan terjadinya penyebaran bakteri ke telinga bayi.

2. Menjemur bayi

Alternatif lain yang dapat anda lakukan adalah menjemur bayi pada pagi hari. Sinar matahari di pagi hari memberikan manfaat untuk membantu membasmi bakteri yang masuk pada bayi.
liha juga : Cara Baik Merawat Bayi Baru Lahir

3. Posisi tidur bayi

Posisikanlah bayi pada keadaan kepala lebih tingga dari badan di saat tidur.Hal tersebut dapat membantu melancarkan pernafasan bayi.

4. Penguapan alami

Inhalasi atau penguapan alami dapat dilakukan dengan cara memberikan uap air panas yang diletakkan di dalam ember dan telah ditetesi dengan minyak telon. Letakkan ember tersebut di dekat tempat tidur bayi supaya dapat terhirup oleh bayi.

5. Memijat hidung bayi

Memijat hidung bayi dengan lembut dapat melegakan pernafasan, jangan lupa juga untuk membersihkan lendir di dalam hidung dengan menggunakan cotton bud.

6. Menggunakan balsem

Balsem pelega pernafasan khusus bayi, dapat anda gunakan untuk melancarkan pernafasan bayi. Selain itu, manfaat lain dari balsam pelega pernafasan khusus bayi adalah memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Baca juga : Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

7. Menggunakan alat penghisap lendir

Cara ini sebaiknya anda lakukan dengan menggunakan nasal aspiratol yang dimasukkan ke dalam hidung bayi secara perlahan.

Pada umumnya, pilek pada bayi baru lahir berlangsung selama 2 hingga 3 hari. Jika selama rentan waktu tersebut beberapa cara mengatasi pilek pada bayi secara alami di atas sudah anda lakukan, tetapi belum menunjukkan gejala pilek akan sembuh, dan justru menunjukkan beberapa gejala dibawah ini.
  • pilek sudah lebih dari 7 hari
  • warna cairan hidung telah berubah menjadi kuning kehijauan
  • pilek disertai bersin
  • demam, dengan suhu badan 37,5 c atau lebih tinggi
  • mata memerah
  • bayi sering menggaruk-garuk telinga
  • pilek membuat semakin sulit bernafas
Jika bayi anda mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

0 Response to "7 Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Baru Lahir"

Post a Comment