6 Tips dan Strategi Membangun Bisnis Tanpa Modal

Tips Usaha - Sekecil apapun bisnis yang dijalankan, Anda adalah bos. Apakah Anda tahu pemilik kalimat tersebut? Iya, pemiliknya adalah Bob Sadino. Beliau adalah lambang dari kerja keras dan ketekunan seorang pengusaha. Hal ini tentu menjadi motivasi banyak orang untuk turut membantu negeri Indonesia mengurangi angka pengangguran. 
Membangun bisnis sampai sukses seperti Bob Sadino sangat mungkin dilakukan siapa pun. Namun banyak orang yang sudah ingin bisnis kemudian tidak jadi karena modal yang kurang. Perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis tidak harus dengan modal yang banyak, bahkan semua bisa dimulai dengan modal 0. Jadi jangan menganggapnya terlalu sulit. Sebenarnya yang sulit adalah nanti di saat harus mempertahankan kesuksesan. 

Anda bisa memulai bisnis dengan berbagai ide yang disukai atau yang menjadi hobi. Hal tersebut akan membuat Anda lebih suka dalam menjalankannya. Anda juga perlu untuk menganalisa kebutuhan dari masyarakat. Hubungan kebutuhan tersebut dengan hal yang Anda suka sehingga menjadi ciri khas bisnis. 

  Panduan Strategi Membangun Usaha Tanpa Modal  

Strategi Membangun Bisnis Tanpa ModalBerikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk membangun bisnis tanpa modal.

1. Patner kerja

Beban akan lebih ringan jika dipikul lebih dari 1 bahu, hal itu juga berlaku untuk bisnis. Untuk meringankan beban menjalankan ide sebaiknya carilah patner yang bisa diajak diskusi dan bekerja sama dengan baik. Memulainya pun harus ada kesepakatan di awal supaya terhindar dari konflik di belakang. Dengan menggunakan patner bisnis, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan berbagai ide kreatif berdua. 

2. Use SOHO

SOHO memiliki kepanjangan small office home office. Anda tidak perlu bingung dan ribet untuk mencari sewa tempat yang murah. Karena Anda bisa menggunakan sisa ruangan di rumah sebagai kantor. Anda pun akan semakin mudah untuk beristirahat dan berinteraksi dengan keluarga.

3. Freelance dan bagi hasil

Jika Anda termasuk orang yang sudah bisa mengembangkannya sendiri. Anda bisa merekrut orang untuk membantu tenaga. Sistem yang digunakan pun bisa freelance atau tidak terikat dan bagi hasil. Dengan begitu waktu mereka tidak akan disita oleh kita dengan sia-sia.

Lihat Juga : Tips Sukses Memulai Usaha Kecil Dalam Berbisnis

4. Sebagai reseller atau dropshipper

Bisnis yang bisa dilakukan dengan tanpa modal, salah satunya adalah dengan sebagai reseller atau dropshipper. Sistem ini hanya mengandalkan kreatifitas Anda untuk menjual barang milik orang lain. Keuntunganpun bisa Anda tentukan sendiri tanpa campur tangan dari produsen.

5. Investor

Jika Anda termasuk pebisnis yang menyukai ide dengan menggunakan modal maka gunakanlah sistem pencarian investor. Tentu Anda harus tampil percaya diri saat menjelaskan ide dan sistem bisnis. Yakinkan mereka sehingga tergerak untuk berinvestasi pada bisnis Anda. 

6. Pinjam ke institusi atau lembaga

Anda juga bisa meminjam ke lembaga keungan atau institusi terkait. Negosiasikan dengan bank atau koperasi. Mereka pasti akan meminjamkan namun Anda harus mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pihak terkait dengan baik. Yakinkan pula bahwa bisnis Anda memiliki peluang yang sangat besar.
Jangan sampai Anda meminjam pada para lintah darat. Karena mereka menerapkan bunga yang tidak masuk akal. Mereka hanya akan mempersulit Anda untuk sukses. 

Nah, Seperti itulah pembahasan mengenai strategi yang tepat membangun bisnis tanpa modal. Semoga dengan penjelasan diatas anda sudah memiliki gambaran yang mesti untuk dilakukan.

0 Response to "6 Tips dan Strategi Membangun Bisnis Tanpa Modal"

Post a Comment