14 Panduan Cara Menanam Wortel di Dalam Pot Bunga yang Benar

Tips Tanaman - Wortel adalah salah satu tanaman sayur akar yang banyak digunakan dalam berbagai masakan maupun sebagai jus. Biasanya wortel diperoleh dari tukang sayur atau membelinya di supermarket. Namun apabila Anda ingin menanamnya sendiri, Anda dapat menanamnya di rumah dan memperoleh segudang manfaat wortel untuk kesehatan Anda. Dalam menanam wortel di rumah Anda, Anda tidak perlu menanamnya di kebun yang luas. Apabila halaman rumah Anda terbatas maka Anda dapat menanamnya dalam pot. Inilah cara menanam wortel di dalam pot:
Cara Menanam Wortel di Dalam Pot Bunga yang Benar

Panduan Cara Menanam Wortel di Dalam Pot


1. Pertama-tama siapkanlah pot untuk menanam wortel. Wortel adalah sayuran akar yang tumbuh ke dalam maka kedalaman pot sangat penting agar diperoleh wortel yang panjang dan besar sesuai yang Anda diharapkan. Kemudian pilihlah pot dengan kedalaman sekitar 30-40cm agar diperoleh wortel dengan ukuran panjang standar atau pot dengan kedalaman sekitar 20-25 cm agar diperoleh wortel dengan ukuran lebih pendek.

Lihat juga : Cara Menetaskan Telur Ayam dengan Lampu

2. Pastikanlah pot yang Anda gunakan bersih, apalagi pot yang Anda gunakan bekas tanaman lain. Jangan lupa cuci pot dan keringkan sebelum ditambahkan media tanam.

3. Siapkanlah media tanam Anda, dengan membeli media tanam yang sudah jadi atau membuatnya sendiri. Media tanam yang cocok untuk menanam wortel adalah media tanam yang tanahnya  tidak mudah padat. Sedangkan media yang menggunakan tanah, Anda dapat mencampurkan tanah merah, kompos dan pasir halus dengan perbandingan yang sama. Anda juga dapat menggunakan batang pakis dengan campuran sedikit pasir apabila Anda telah berencana menggunakan media non tanah.

Baca juga : Cara Cepat Membedakan Madu Asli, Campuran dan Palsu

4. Masukanlah media tanam ke dalam pot lalu sisakan ruang kosong sekitar 2-3 cm dari atas pot.

5. Buat lubang dengan jarak sekitar 3-5 cm tiap lubangnya.

6. Masukkanlah bibit wortel ke dalam lubang, setiap lubang 2 bibit, kemudian tutup dengan media tanam. Anda juga dapat membeli biji wortel dari toko tanaman terdekat.

7. Cobalah untuk menyiram pot dengan air secukupnya.

8. Letakkanlah pot di dekat jendela yang mendapatkan sinar matahari langsung. Kemudian beri ruang antar pot dengan tanah.

9. Pastikanlah media tanam tetap lembap. Apabila kering siram dengan air secukupnya.

10. Pangkas daun saat ketinggian tanaman mencapai sekitar 3 cm.

11. Perhatikanlah posisi tanaman wortel Anda, apabila agak bengkok maka berilah tambahan media tanam
12. Setelah tanaman wortel Anda mempunyai ketinggian sekitar 8-10 cm maka inilah saatnya Anda memberikan pupuk. Anda juga dapat memberi pupuk cair organik setiap 2 minggu sekali.

13. Wortel merupakan tanaman  yang sangat rentan terhadap serangan jamur apalagi apabila sistem drainase potnya kurang baik. Apabila terjadi serangan jamur, gunakanlah cairan anti jamur seperti belerang atau menggunakan serbuk kayumanis yang lebih alami.

14. Anda juga dapat memulai memanen wortel pada umur 2-2,5 bulan bergantung pada jenis wortel yang Anda tanam. Semakin cepat Anda dalam memanen wortel Anda maka rasa wortel akan semakin manis.

Seperti itulah 14 langkah yang dilakukan jika ingin menanam wortel di dalam pot. Semoga dengan panduan diatas anda dapat memiliki tanaman wortel di halaman rumah sendiri.

0 Response to "14 Panduan Cara Menanam Wortel di Dalam Pot Bunga yang Benar"

Post a Comment