7 Cara Mengendarai Motor Kopling Manual Mulai Paling Dasar Agar Cepat Mahir

klikCara.com - Motor manual adalah motor yang harus dikendarai dengan menggunakan kehati-hatian. Motor manual seringkali disamakan dengan motor bebek biasa. Padahal pada dasarnya prinsip penggunaannya sangat berbeda. Motor manual dilengkapi dengan handle kopling, dan jenis kendaraan yang punya kopling juga sangat berbeda-beda.

Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari engine ke transmisi. Sehingga saat anda tidak begitu lihai menggunakannya maka akan membuat motor menyala dan mati. Di bawah ini akan dibahas motor kopling yang punya handle di setang kemudinya. Umumnya motor seperti ini adalah jenis motor 150 CC.

Berbeda dengan motor bebek yang sudah dijelaskan di atas, transmisi yang digunakan adalah semi automatic, hanya menginjak pedal transmisi saja untuk berpindah gigi. Tetapi, kelemahannya adalah banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut.

Cara Mengendarai Motor Kopling Manual Mulai Paling Dasar Agar Cepat Mahir

Panduan Cara Cepat Bisa Mengendarai Motor Kopling Manual

1. Putar kunci kontak pada posisi ‘On’

2. Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya indicator
(biasanya berwarna hijau) kemudian tekan tombol stater, namun jangan menekan terlalu lama karena bisa menyebabkan aki tekor.
3. Untuk memasukkan gigi satu, tekan handle kopling pada bagiang kiri dan injak pedal kopling kaki ke depan untuk memasukkan gigi satu, lalu lepaskan pelan-pelan handle kopling jika sudah terasa motornya jalan, tambahkan dengan gas pelan-pelan sambil melepas handle kopling jangan terlalu menarik handle gasnya.

4. Biasanya, kendala awal menggunakan motor kopling adalah ketika memasukkan gigi pertama, lalu melepas handle kopling secara mendadak, itu yang menyebabkan motor langsung mati dan loncat. Jadi jangan pernah untuk melepas handle kopling secara mendadak jika masuk gigi pertama.

Cara Mengendarai Motor Kopling Manual

5. Jika sudah berjalan dengan kecepatan 7 km/jam, mesin akan terasa mengerang, pindahkan ke gigi dua dengan menekan kopling secara penuh, turunkan gas lalu injak pedal kopling ke belakang jika memasukkan gigi ke 2 kerah belakang. karena tidak semua motor kopling arah gigi depan 1 dan belakang 2 jadi tanyakan sebelumnya. Sebaiknya biasakan memasukkan gigi dalam keadaan standar atau tidak jalan. Dengan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor Anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke di atasnya lakukanlah dengan cara yang sama.

6. Saat akan berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta ditunjang dengan menekan rem.

7. Setelah berhenti secara penuh, tariklah tuas kopling dan pindahkan gigi transmisi ke posisi 1, setelah itu pindahkan ke posisi netral dengan menaikkan pedal kopling setengah saja, nanti jika sudah netral, indicator netral akan menyala berwarna hijau. Jika sudah netral, putar kontak ke posisi off.
Seperti itulah penjelasan cara mengendarai motor manual mulai dari start sampai finish. Semoga dengan informasi diatas dapat membantu anda.

0 Response to "7 Cara Mengendarai Motor Kopling Manual Mulai Paling Dasar Agar Cepat Mahir"

Post a Comment