8 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Saat Flu

klikCara.com - Pernahkan anda merasakan hidung tersumbat? Tentu saja. Dan bagaimanakah rasanya? Tentu akan sangat mengganggu. Apalagi jika hidung anda hanya tersumbat sebelah maka akan sangat mengganggu sistem pernafasan anda. Biasanya hidung tersumbat sebelah juga akan membuat kepala menjadi sakit akibat nafas yang kurang dan mengurangi udara masuk ke aliran darah.

  Cara Cepat Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Saat Flu  

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Saat Flu

Banyak sekali penyebab dari hidung tersumbat sebelah. Namun pada umumnya banyak yang menganggap bahwa hidung tersumbat sebelah hanyalah bagian dari tahap flu biasa. Sehingga dibanding mengatasinya dengan cepat mereka hanya membiarkannya sembuh dengan sendirinya walaupun memakan waktu yang lumayan lama.
Oleh karena itu sangat penting bagi anda mengetahui cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan cepat. Di bawah akan kami berikan tips cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat, namun alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui penyebab dari hidung tersumbat sebelah. Hal tersebut bisa membantu anda untuk memilih cara yang tepa mengatasi hidung anda yang tersumbat sebelah.

Penyebab Hidung Mampet atau Tersumbat Sebelah Saat Flu

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Saat Flu

1. Gangguan benda asing dari lingkungan

Sering kali di lingkungan kita banyak sekali benda asing yang kasat mata dan berhasil mengganggu saluran nafas kita melalui hidung, benda asing tersebut biasanya berupa tumbuhan halus yang berterbangan dan juga benda yang berterbangan lainnya. jika masuk kedalam hidung maka hdung bisa tersumbat hanya di satu sisi saja. Cirinya bisa berupa hidung yang sering berair.

2. Alergi Serbuk Sari

Sama halnya dengan diatas namun lebih spesifik adalah serbuk sari. Serbuk sari adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang merupakan serbuk halus. Banyak orang yang sangat tidak cocok jika menghirupnya atau dengan kata lain alergi. Saat merasakan alergi salah satu dampaknya adalah hidung tersumbat sebelah.

3. Alergi debu

Polusi karena debu merupakan masalah lingkungan yang utama. Apalagi di cuaca panas dan kering maka debu akan beterbangan dimana-mana. Sehingga bagi anda yang alergi debu maka akan mudah bagi anda mengalami hidung tersumbat sebelah.

4. Polip hidung

Jika anda selalu mengalami hidung tersumbat sebelah dan tidak berpindah-pindah maka anda harusnya khawatir karena bisa saja penyebabnya adalah penyakit yang kronis yaitu polip hidung.

5. Sinusitus

Salah satu penyakit hidung yang sangat umum ditemui di segala usia adalah sinus. Sinusitis merupakan peradangan hidung yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang membuat ringga udara dibawah tulang hidung. Hal ini akan berbahaya jika tidak cepat ditangani.

6. Tumor

Saat hidung tersumbat sebelah bisa saja hal tersebut disebabkan karena tumbuhnya tumor pada hidung anda. lihat : Cara menyembuhkan flu

Setelah mengetahui penyebabnya maka penting mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat sebelah dengan cepat.

Berikut Tips Melegahkan Hidung yang Tersumbat karena flu.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Saat Flu

1. Menggunakan uap air panas

Air panas bisa anda gunakan sebagai media mengatasi hidung tersumbat sebelah anda secara cepat. Ambillah air panas dalam baskom dan hiruplah dalam-dalam uap panas tersebut hingga bisa melelehkan benda yang membuat hidung anda tersumbat sebelah. Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan di rumah untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

2. Inhaler dan Minyak Angin

Sebaiknya anda menghirup aroma mint, menthol atau kamper yang biasanya ada pada inhaler dan minyak angin. Hal itu bisa memberikan aroma dingin pada hidung anda dan membantu mencairkan lendir pada hidung. Baca : Tips Alami Mengobati Flu dan Batuk

3. Air garam

Air garam dikenal sangat ampuh menghilangkan lendir. Anda bisa menggunakan air garam untuk mengatasi lendir dengan cara menggunakannya untuk berkumur. Anda bisa mencampurkan garam dengan sedikit air hangat lalu dengan rutin bisa anda gunakan berkumur 3 kali sehari.

4. Mengonsumsi makanan pedas

Menurut beberapa penelitian gizi makanan, bahwa makanan yang pedas sangat ampuh menipiskan lendir. Oleh karena itu saat anda mengalami hidung tersumbat maka mengonsumsi cabe, jahe, merica ataupun bahan makanan pedis lainnya akan menstimulasi lendir yang menyumbat hidung anda agar bisa mencair dengan cepat.

5. Hindari membuang ingus dengan kuat

Banyak orang yang terserang flu berat hingga beringus membuang ingus mereka dengan kuat dan kencang. Hindari hal tersebut karena akan berakibat fatal pada kepala juga bisa membuat hidung anda malah tersumbat sebelah. Oleh karena itu lebih baik memilih salah satu cara diatas daripada membuang ingus dengan kuat.

6. Steaming

Jangan mengira bahwa steaming hanya cocok bagi anda yang ingin melakukan perawatan rambut. Jika hidung tersumbat maka mengatsinya dengan cara steaming juga merupakan solusi cepat. Jika anda tidak memilki alat steaming atau malas ke salon karena kondisi yang tidak memungkinkan maka anda bisa saja menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat lalu bungkuslah kepala anda. Maka anda akan merasa sedikit lega jika hidung anda bisa bernafas dengan baik.

7. Meninggikan bantal

Agar tidak berlama-lama mengalami hidung tersumbat sebelah maka saat tidur sebaiknya anda menggunakan bantal yang sedikit lebih tinggi daripada biasanya.hal ini bisa membantu melncarkan aliran nafas secara perlahan dan membiarkan lendir mencair dan mengalir langsung ke bawah.

8. Menggunakan balsam

Anda juga bisa menggunakan balsam pada bagian leher dan dada untuk membantu melegakan jalan nafas dan mencairkan lendir anda yang merupakan penyebab utama dari hidung yang tersumbat sebelah.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat sebelah dengan cepat. Jika dengan cara tersebut masih belum bisa mengatasinya maka sebaiknya anda mempertimbangkan memeriksakan ke dokter karena bisa saja merupakan gejala dari penyakit yang lebih kronis. Terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Saat Flu"

Post a Comment