Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi Usia 6 Bulan

klikCARA.com - Mengatasi sembelit pada bayi 6 bulan bagi ibu-ibu yang sudah berpengalaman mungkin sudah bukan hal yang mengkhawatirkan. Namun, berbeda dengan ibu muda yang baru pertama kali mengalami hal tersebut, rasa panik dan khawatir akan menghantui para ibu muda ketika pertama kali mengetahui buah hatinya susah buang air besar. Untuk mengetahui cara mengatasi sembelit pada bayi, anda perlu mengetahui beberapa faktor penyebab sembelit, supaya langkah yang anda ambil dalam mengatasi sembelit pada bayi tepat dan aman.

Beberapa faktor penyebab sembelit pada bayi antara lain:

Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi Usia 6 Bulan

1. Faktor pemberian asi.

Bayi yang selalu diberikan asi akan jarang mengalami susah buang air besar, karena makanan utama yang dibutuhkan oleh seorang bayi adalah asi. Kandungan bakteri baik yang terdapat di dalam asi berfungsi membantu mengurai protein susu yang susah diolah, sehingga feses yang dihasilkan menjadi halus.

2. Kekurangan cairan.

Bayi yang tidak terbiasa diberikan asi terkadang kekurangan cairan, karena biasanya, mereka mendapatkan minum hanya dari jumlah susu yang terdapat di dalam botol.

3. Luka pada anus bayi.

Ketika bentuk feses yang dikeluarkan seorang bayi bertekstur keras, itu akan mengakibatkan tergoresnya dinding anus, dan bayi akan merasakan sakit. Hal tersebut mengakibatkan bayi cenderung memilih untuk menahan fesesnya.

Mengatasi sembelit pada bayi 6 bulan dapat anda lakukan setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebabnya. Perlu diperhatikan juga gejala yang ditunjukkan oleh bayi yang mengalami sembelit, diantaranya yaitu: bayi sering rewel karena sakit yang diakibatkan susah buang air besar, perut kembung dan ketika diraba terasa keras, feses yang keluar disertai bercak darah. Jika bayi anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, sebaiknya anda segera mencoba mengatasi hal tersebut dengan cara-cara di bawah ini.

Berikut Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi Usia 6 Bulan

1. Memijat perut bayi

Memijat perut dengan gerakan lembut dan searah dengan putaran jarum jam bermanfaat untuk mengurangi sembelit pada bayi anda.

2. Mengolesi dengan minyak

Gunakanlah minyak zaitun untuk mengolesi anus bayi.Hal ini berguna untuk membantu memudahkan feses keluar.

3. Mengkonsumsi makanan berserat

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat, untuk menghasilkan asi yang baik bagi buah hati, dan hal itu tidak akan membuat feses bayi menjadi keras.

4. Memandikan bayi

Air hangat yang digunakan untuk memandikan bayi berguna untuk membuat rileks dan memudahkan bayi mengeluarkan feses.

5. Olahraga kaki

Posisikan bayi dengan keadaan terlentang, gerakanlah kaki seperti sedang mengayuh sepeda.Cara tersebut dapat membantu melenturkan otot perut, dan menekan usus besar, sehingga membuat bayi mudah mengeluarkan feses.
Demikian beberapa cara untuk mengatasi sembelit pada anak, dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi Usia 6 Bulan"

Post a Comment