5 Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Tips Sukses - Cara mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan. Saat bekerja tidak dapat dihindari bahwa akan anda kan berhadapan dengan rasa jenuh. Rasa jenuh tersebut kemudian mempengaruhi kualitas kerja anda. Datanglah kebiasaan sering menunda pekerjaan, dan lama kelamaan akan melekat menjadi suatu kebiasaan rutin.
Walaupun di beberapa orang tertentu, kebiasaan menunda pekerjaan tidak disebabkan oleh rasa jenuh, namun tentunya anda harus sepakat bahwa kebiasaan seperti ini adalah hal buruk. Bukan hanya bagi anda namun kepada seluruh lingkungan yang memilkik keterkaitan dengan pekerjaan anda. Sehingga hal ini menjadi catatan penting bagi anda untuk bisa mengatasinya.

cara menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan

Panduan cara menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan

1. Mencatat Setiap Tugas
Biasakanlah untuk mencatat setiap tugas dan kewajiban yang anda harus kerjakan dan perhatikan. Catatlah tugas tersebut dalam note book ataupun telepon anda. Bisa juga anda tempelkan pada dinding atau di tempat yang mudah anda jangkau. Periksalah catatan tersebut setiap pagi ataupun saat anda harus tidur di malam hari. Hal ini agar dapat membantu anda untuk selalu mengingat hal yang harus anda lakukan segera.

Baca juga : Tips Menjadikan Waktu Kerja Lebih Efektif dan Produktif

2. Pecah pekerjaan besar menjadi tugas-tugas kecil
Usahakan untuk mengerjakan pekerjaan anda secara bertahap. Jika anda merasa berat dan menganggap pekerjaan adalah masalah hal inilah yang sangat mempengaruhi anda sehingga selalu menunda pekerjaan anda. Olehnya itu anda bisa memecah pekerjaan menjadi kecil dan melakukannya secara bertahap dan juga tanpa beban

3. Deadline Waktu
Selalulah membuat deadline waktu untuk pekerjaan anda. Jika anda ingin tepat waktu dalam mengerjakannya maka anda harus menulis deadline pekerjaan lebih awal. Hindari melakukan pekerjaan dengan santai di awal dan terburu-buru menyelesaikannya saat injured time. Ingatlah bahwa anda harus menyelesaikannya dengan tepat waktu karena akan ada pekerjaan yang menunggu lainnya.

Lihat juga : Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis Pemula

4. Gunakan Teknik 5 Menit
Teknik 5 menit bisa anda gunakan untuk pekerjaan kecil, yang biasanya anda tunda dan menjadikannya menjadi tugas besar. Olehnya itu anda sebaiknya menyisakan waktu 5 menit di jam makan siang atau istirahat anda untuk menyelesaikannya.

5. Terapkan Kaidah 80/20
Jika Anda seorang atasan yang sering menunda pekerjaan karena kewalahan, terapkan kaidah 80/20 (Prinsip Pareto). Tentukan 20% pekerjaan yang berdampak pada 80% hasil yang Anda peroleh. Setelah itu, fokus pada pekerjaan tersebut, sedangkan pekerjaan-pekerjaan lain bisa Anda delegasikan pada bawahan Anda.Tentu saja, Anda yang bukan atasan dapat juga menerapkan kaidah ini. Sebagai contoh, jika dalam satu hari kerja Anda memiliki 10 pekerjaan, fokuskan pikiran dan waktu Anda pada 2 tugas terpenting. Setelah itu, baru mengerjakan 8 tugas lainnya.

Itulah beberapa cara agar anda tidak menunda pekerjaan anda. Semoga sesudah sahabat klikcara.com mengatasi menunda pekerjaan anda dapat melangkah lebih baik dan menuju pada kesuksesan

0 Response to "5 Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan"

Post a Comment