5 Cara Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu

klikCARA.com - Cara membedakan batu bacan asli dan palsu tak ada salahnya anda ketahui karena banyak sekali penjual batu mulia imitasi yang memilih batu bacan sebagai produk imitasinya. Andapun tak usah heran jika banyak orang yang memalsukan batu bacan karena keberadaannya yang sudah mulai langka, membuat banyak orang rela membayar mahal untuk mendapatkan batu mulia yang diidam-idamkannya. Tetapi, ingat jangan gampang terkecoh, agar anda tidak gampang terkena penipuan.

Batu bacan ini tidak hanya satu jenis, setidaknya ada 3 jenis batu bacan yang banyak beredar di Indonesia, ada batu bacan doko, batu bacan palamea, dan batu bacan obi. Untuk batu bacan doko biasanya identik dengan warna biru. Batu bacan palamea, batu mulia ini menawarkan warna hijau, dan batu terakhir, batu bacan obi biasanya berwarna merah. Harga batu tersebut bervariasi, tergantung ukuran dan kualitasnya sehingga cara membedakan batu bacan asli dan palsu sangat perlu untuk anda ketahui supaya uang anda tidak melayang hanya gara-gara membeli batu bacan bajakan.

  Cara membedakan batu bacan asli dan palsu  

Cara membedakan batu bacan asli dan palsu
Ilustrasi Batu Bacan Asli
Cara membedakan batu bacan asli dan palsu dengan cara dibakar:

 1  Anda bisa membakar permukaan batu bacan
Biasanya, setelah dibakar, batu akan mengeluarkan minyak. Batu bacan asli minyaknya akan hilang setelah dilap dan warna batu akan kembali seperti semula.

 2  Berbeda, dengan batu bacan tiruan
Memang, batu bacan tersebut juga akan mengeluarkan minyak. Tetapi setelah anda mengelap batu tersebut, permukaan batu akan terlihat lebih kusam dan meninggalkan bekas bakaran pada batu bacannya.

Tentunya, masih ada cara membedakan batu bacan asli dan palsu yang lainnya. Inilah beberapa cara membedakan batu bacan asli dan tiruan dengan mudah:

 1  Menyinari batu bacan
Batu bacan asli akan tampak serat-seratnya jika anda menaruhnya ditempat yang terang. Sedangkan yang tiruan, tidak.

 2  Menggores batu bacan ke kaca
Batu asli akan meninggalkan bekas warna pada kaca, sedangkan batu bacan tiruan tidak.

 3  Batu Berubah Warna
Batu bacan yang asli akan berubah-ubah warna seiring waktu, dari bintik hitam, hijau bening dan akhirnya batu bacan akan bening seperti air. Biasanya, batu bacan bening tersebut bernilai tinggi.

Jangan Lewatkan cara Membedakan Batu asli dan palsu Lainnya :

Itulah cara yang baik diterapkan untuk mengetahui perbedaan batu bacan palsu dan asli. Semoga dengan tips diatas sahabat klikcara.com dapat membedakan batu bacan palsu dan asli.

2 Responses to "5 Cara Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu"

  1. Batu bacan yg sering dipakai akan lebih cepat berubah warna...? Mohon bagi info dong admin...wassalam

    ReplyDelete