4 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijaksana

klikCara.com - Salah satu penawaran bank yang sangat menggiurkan adalah kartu kredit. Anda bisa menjadi nasabah kartu kredit di bank mana saja. Tentu saja limit yang biasa diberikan juga tidak tanggung-tanggung. Anda bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan anda. Jika ingin menjadi pengguna kartu kredit, sebagai nasabah anda tentunya haruslah cerdas dalam menggunakannya. Sebab tidak jarang orang salah menggunakan, dan hasil tagihan menunggaklah akibatnya.

Olehnya itu jika anda adalah pengguna kartu kredit tentunya anda harus tahu tip cara menggunakan kartu kredit dengan bijaksana agar anda tidak mendapatkan kerugian besar.


Berikut beberapa tips menggunakan kartu kredit dengan bijaksana


1. Mengetahui bagaimana cara membayar kartu kredit

Anda harus mengetahui system pembayaran kartu kredit yang anda gunakan. Selain itu anda juga harus tahu anda akan menggunakan kartu kredit untuk hal apa. Jika anda telah menyusun anggaran dan juga system pembayaran kartu kredit dengan baik anda harus mengikuti system yang anda buat sendiri. Janganlah berani menggunakan kartu kredit jika tidak memiliki penghasilan yang berlebih.

2. Memprioritaskan yang perlu

Prioritaskanlah kebutuhan anda jika ingin menggunakan kartu kredit. Jika tidak begitu penting, hindari untuk menggunakan kartu kredit berbelanja. Jangan hanya tergiur dengan barang yang ingin anda beli, tanpa berpikir bagaimana membayar kartu kredit tersebut. Sebab saat memiliki kartu kredit maka godaan untuk berbelanja lebih akan lebih terasa dan membuat anda akan membeli apapun yang anda inginkan.

3. Jangan berbelanja tanpa rencana

Jika ingin berbelanja dengan kartu kredit hal terpenting yang harus anda lakukan adalah jangan sampai meninggalkan rumah tanpa catatan yang jelas mengenai daftar belanja anda. Usahakan untuk mencatat dengan jelas apa yang ingin anda beli. Sehingga saat berada di tempat perbelanjaan anda tidak perlu berkeliling lebih lama karena harus memilih lagi yang anda butuhkan. Hal tersebut akan membuat anda tergiur untuk berbelanja barang lainnya.

4. Sediakanlah uang tunai yang cukup saat Anda keluar rumah

Jika anda punya uang tunai yang cuku di rumah, ingatlah untuk selalu membawanya saat keluar berbelanja atau saat mengajak anak anda keluar untuk berjalan-jalan. Dengan membawa uang tunai, akan membuat anda mengantisipasi menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Selain itu uang tunai bisa anda gunakan untuk membayar kebutuhan penting aja, dan hanya menggunakan kartu kredit untuk hal yang tiba-tiba anda butuhkan.
Itulah beberapa cara bijaksana untuk menggunakan kartu kredit. Ingatlah bahwa kartu kredit sama saja dengan meminjam uang, karena saldo yang ada dalam kartu kredit anda adalah milik bank yang harus anda bayar jika menggunakannya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "4 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijaksana"

Post a Comment